Bagaimana Membuat Pupuk Sampah

Bagaimana Membuat Pupuk Sampah
Bagaimana Membuat Pupuk Sampah

Sampah merupakan bahan utama pembuatan kompos. Dikenal dengan nama pupuk sampah.  Sampah ini dapat berasal dari sisa rumah tangga, restoran, dapur hotel, dan pasar. Bahan yang berasal dari tempat tersebut tidak langsung dapat digunakan sebagai kompos, tetapi harus dipilah-pilahkan terlebih dahulu, yakni antara yang cepat lapuk dengan yang sulit lapuk. Bahan kompos juga harus bersih dari bahan-bahan yang dapat mengundang hewan antara lain tikus, anjing, dan kucing seperti tullag ikan, tulang hewan, dan daging.

Setelah bahan kompos bersih maka lanhkah-langkah selanjutnya adalah :

  • Memotong bahan-bahan menjadi potongan kecil yang cukup halus. Dengan memotong bahan tersebut maka berpengaruh pada kecepatan melapuk kompos akan berjalan sempurna.
  • Aduk menjadi satu potongan bahan hingga rata, bahan mentah ini ditumpuk menjadi satu setinggi 50-6- cm. Sebagai aktifitor dapat ditambahkan kotoran atau urine ternak. Masukkan bahan tersebut kedalam kotak kompos yang dapat terbuat dari kayu atau lubang galian tanah.
  • Tumpukan di dalam kontak kompos tersebut diinjak-injak agar keadaannya menjadi anaerob. Hal ini berfungsi untuk mencegah hilangnya N secara terus-menerus.
  • Dilakukan pembalikan lapisan kompos, agar kemasakan kompos menjadi lebih merata, pembalikan ini dapat dilakukan 1 minggu sekali.
  • Jangan lupa siapkan penutup kotak kompos hal ini juga unutk mencegah hilangnya N lebih lanjut dan melindungi kompos dari terik matahari.
  • Setelah 3 bulan kemudian biasanya kompos sudah matang dan segera digunakan.