Efek Samping Bunga Rosella

Rosella dipercaya mampu mengobati sejumlah penyakit. Namun, konsumsi rosella berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Para penggemar obat herbal pasti sudah tidak asing dengan rosella. Ya, bunga rosella memang populer dalam dunia pengobatan herbal.  

Asal tahu saja, rosella berasal dari benua Afrika. Di negara asalnya rosella dijadikan tanaman hias karena memiliki bunga yang cantik.   Selain cantik, rosella juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Melansir dari buku berjudul Gaya Hidup Organik, rosella mengandung vitamin C, B1, B2, D, kalisum, Omega 3, dan betakaroten.  

Mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, rosella kerap digunakan dalam pengobatan herbal. Rosella dipercaya bisa mengobati asam urat, menurunkan tekanan darah tinggi, kanker, menjaga kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah, dan menurunkan kolesterol. 

Walaupun menyimpan banyak manfaat, konsumsi rosella berlebihan bisa memicu masalah kesehatan.  Berikut efek samping rosella untuk kesehatan. 

1. Menurunkan tekanan darah  Mengutip dari Tribunnews.com, penderita tekanan darah rendah sebaiknya tidak mengonsumsi rosella. Sebab, tanaman herbal ini bermanfaat menurunkan tekanan darah.  Asal tahu saja, tekanan darah yang sangat rendah bisa menyebabkan pusing sampai pingsan secara tiba-tiba. 

2. Halusinasi  Rosella bisa membuat beberapa orang berhalusinasi. Ada pula sebagian orang yang merasa mabuk setelah mengonsumsi rosella.  Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi rosella saat sedang berkendara. 

3. Merangsang menstruasi  Untuk Anda yang sedang menjalankan program kehamilan sebaiknya tidak mengonsumsi rosella. Sebab, tanaman herbal ini bisa mempengaruhi hormon esterogen yang merangsang menstruasi. 

4. Alergi  Rosella juga bisa menimbulkan alergi untuk sebagian orang. Umumnya, reaksi alergi yang diakibatkan konsumsi rosella adalah demam, mata merah dan berair, ruam kulit, dan gatal-gatal. 

Maka ada baiknya Anda mengonsumsi rosella secukupnya. Opsi lainnya, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli obat herbal sebelum mengonsumsi rosella. 

Sumber : Kontan

You May Also Like

About the Author: richland

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *